ads your site here

Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Januari 2014

MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI



Konveksi merupakan bisnis pembuatan busana atau bahan lain yang membutuhkan jahitan. Berbagai kebutuhan manusia didapatkan dari pembelian produk konveksi, diantaranya busana dan aksesorisnya, tas, taplak meja, sprei dan bed cover, celemek, serta perlengkapan bayi. Karena banyaknya produk yang dihasilkan dari konveksi, maka banyak pula peluang untuk membangun bisnis di bidang itu. Biasanyab bisnis konveksi memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Ada yang khusus bergerak dalam pembuatan celana jeans, jilbab, busana muslim, baju koko, seragam sekolah, sampai tas dan perlengkapan lainnya. Spesifikasi ini memudahkan pebisnis untuk menjalankan sebuah bisnis konveksi agar tetap lancar dan semakin berkembang.
Beberapa ciri khas bisnis konveksi :
- Konveksi dikerjakan secara massal dan mengejar kuantitas.
Bisnis konveksi menghasilkan produk yang dijual secara massal. Masing-masing produk dibuat dalam jumlah yang besar. Hal ini membedakan konveksi dengan penjahit pada umumnya atau dari butik yang hanya memproduksi barang dalam jumlah terbatas dan bahkan satu model untuk satu barang saja.
- Konveksi mengharuskan pebisnis untuk memanage para penjahit.
Bisnis konveksi tidak bisa dilakukan secara individual. Seorang pebisnis perlu untuk memanage keberadaan dan kinerja para penjahit yang memproduksi barang. Ada yang bekerja di tempat usaha dan ada yang dibawa pulang untuk dijahit di rumah. Untuk kemudian para penjahit tersebut melakukan setoran ke tempat pebisnis.
- Pebisnis menyiapkan bahan dan peralatan dalam jumlah besar
Bisnis konveksi mengharuskan pebisnis menyiapkan bahan dan peralatan dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini untuk memangkas biaya sehingga dapat menjula produk dengan harga yang lebih murah daripada produk yang dibuat secara eksklusif.
- Menghasilkan produk yang laku di pasaran.
Bisnis konveksi juga perlu untuk melihat trend mode baik dalam busana, aksesori, maupun jenis produk lainnya. Karena dengan menghasilkan produk yang laku di pasaran maka perkembangan dan pergerakan bisnis ini akan beranjak ke arah yang lebih baik. Produk yang diminati konsumen akan diburu untuk kemudian dibeli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Dari berbagai ciri khas bisnis konveksi, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pebisnis yang ingin membangun bisnis konveksi ini yaitu :
  • Tema produksi.
Tema produksi menentukan langkah selanjutnya dalam persiapan mebangun bisnis konveksi. Misalnya konveksi yang bertema baju muslim perlu mempersiapkan mesin bordir sebagai aplikasi dalam pembuatan baju tersebut. Berbeda dengan konveksi dengan tema tas kondangan yang cukup menyediakan mesin jahit biasa.
  • Peralatan produksi.
Peralatan produksi yang utama pada bisnis konveksi adalah mesin jahit. Mesin jahit ini bisa disediakan oleh pebisnis dan bisa pula oleh penjahit. Apabila jahitan dikerjakan di tempat usaha, maka pebisnis perlu menyediakan mesin. Tetapi apabila jahitan dikerjakan di rumah penjahit, biasanya merekalah yang telah menyiapkan mesin jahit sebagai alat untuk bekerja.
Mesin jahit terdiri dari berbagai jenis dengan penggunaan yang berbeda-beda. Diantaranya ada mesin jahit biasa, mesin bordir semacam juki dan singer, mesin obras, mesin potong, dan mesin tekan atau penyetrika. Sedangkan peralatan produksi lain yaitu gunting, sungkit untuk memasukkan benang, cutter, kapur kain, dan penggaris.
  • Sumber daya manusia
Sebuah bisnis yang menghasilkan produk, apalagi secara massal perlu memiliki sumber daya manusia yang trampil dan cekatan. Dengan adanya sumber daya manusia, dalam hal ini penjahit dan pemotong kain yang trampil dan cekatan maka usaha konveksi bisa dikembangkan dengan baik.
  • Pemasaran
Berbagai jenis bisnis apapun perlu adanya pemasaran atau marketing yang handal. Dengan adanya pemasaran yang handal maka produk yang dihasilkan akan terserap oleh konsumen. Pemasaran produk konveksi bisa dilakukan dengan cara menghubungi toko grosir yang menjual barang serupa, menerima pesanan dari instansi, menawarkan di media massa, dan media internet. Menunjukkan spesifikasi produk dan harga yang pantas akan mempermudah pemasaran yang dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan merk kepada barang yang diproduksi dan meminta perlindungan merk tersebut agar tidak mudah ditiru oleh produsen lain yang kurang bertanggungjawab. [AM/kabarukm.com]

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Distro Cirebon All Right Reserved